Perkembangan Jalur Transportasi dan Perdagangan Internasional Indonesia

Perkembangan Jalur Transportasi dan Perdagangan Internasional Indonesia
31 January 2025

  1. Masa Klasik (Hindu-Budha):
    2 Kerajaan yang kuat dalam maritim adalah Sriwijaya (Abad 8- 9 M) dan Majapahit (Abad 13 M).
    Pada masa itu mereka juga melakukan hubungan perdagangan internasional
  2. Masa Kolonialisme (Abad ke-16):
    Negara barat saat itu memiliki armada niaga dan militer yang lebih kuat dan peralatan modern.
    Banyak kerajaan melemah karena dipaksa menjadi kekuatan imperium di pedalaman
  3. Masa Orde Lama (1945-1965):
    13-12-1957 ada Deklarasi Juanda, kekuatan Maritim Indonesia kembali.
    Pulau-pulau dan wilayah perairan Indonesia menjadi bagian NKRI.
    Deklarasi ini diperkuat dengan UU No.4 Tahun 1960 tentang Perairan Indonesia
  4. Masa Orde Baru (1966-1998):
    Mengalami kemunduran karena program-program Orde Baru mengutamakan pembangunan darat.
    1982, Indonesia menyepakati United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS 1982) dalam konverensi yang diadakan PBB.
  5. Masa Reformasi - Sekarang:
    Deklarasi Bunaken (B. J. Habibie).
    Departemen Eksplorasi Laut Dibentuk (Abdurrahman Wahid).
    Dikeluarkan seruan Sunda Kelapa (Megawati)
    World Ocean Conference oleh Dewan Kelautan Indonesia (SBY).
    Pembangunan Maritim dengan 5 Pilar utama (Jokowi).
Categories: Uncategorized